Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Penyebab flashdisk tidak terbaca – Komputer merupakan barang yang riskan, meskipun keliahatannya kita memiliki komputer dengan spesifikasi “High-end PC” tetap saja itu hanya umpaan bagi spesifikasi ketika ingin menjalankan sebuah program dan terlepas dari itu semua hardware merupakan barang yang dapat terlihat dan kita rasakan, tapi bagaimana jika kerusakannya tidak bisa terdeteksi?

Penyebab flashdisk tidak terbaca

Gambar penyebab flashdisk tidak terbaca

Flashdisk merupakan salah satu dari sekian banyak hardware dengan bentuk fisik kecil yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan kinerja kita menggunakan komputer, selain dapat digunakan sebagai backup, flashdisk juga bisa kita gunakan sebagai bootable, atau yang sedang trend sekarang digunakan sebagai tambahan memory RAM.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Salah satu hal yang menyebabkan penyebab file di flashdisk tidak terbaca di laptop ataupun komputer kita adalah kecerobohan kita sendiri, terkadang saya sendiri baru sadar jika flashdisk yang saya masukkan terpasang dengan kurang baik (kurang kencang atau miring). Namun, bagaimana jika ternyata bukan itu penyebabnya? berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan usb atau flashdisk

  1. Driver terlalu lama
  2. Port USB yang sudah rusak
  3. Masalah partisi
  4. Kesalahan sistem file
  5. Komputer terinfeksi virus
  6. USB yang memang sudah mati

Biasanya hal ini terjadi karena keteledoran kita, ada juga orang yang memang sengaja melakukan eksperiman. Saya pribadi pernah mencoba merubah flashdisk menjadi RAM, namun ternyata tidak sesuai dengan harapan dan flashdisk akhirnya tidak bisa digunakan karena kesalahan saya pribadi.

Merek apapun flashdisk kalian baik itu toshiba, sandisk tidak terbaca di komputer memiliki solusi dan penyebab yang sama juga. Lalu, bagaimana jika otg tidak mau tersambung? Hal tersebut memiliki penyelesaian berbeda karena OTG digunakan menyambung ke perangkat smartphone.

 

Solusi Flashdisk Tidak Terbaca

1. Port Disabled

Penyebab flashdisk tidak terbaca regedit

Regedit untuk penyebab flashdisk tidak terbaca

Untuk masalah yang satu ini sebenarnya tidak terlalu rumit, tak jarang kita sebagai user senang bereksplorasi dan belajar hal baru, seperti melakukan disable pada beberapa service yang menyebabkan error atau disable port itu sendiri, jika hal ini terjadi lakukan langkah ini:

  • Tekan ⊞ Win + R untuk membuka Run dialog
  • Ketik Regedit, lalu langsung menuju ke lokasi
    • HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor
  • Lihat di panel sebelah kanan, ada sebuah key bernama “Start”
  • Ganti angka tersebut menjadi 3, seperti pada gambar di atas
  • Quit dari registry, lalu restart komputer kalian.

Jika memang masalah kalian terdapat pada port yang tidak diaktifkan, seharusnya langkah di atas dapat menyelesaikan masalah kalian.

2. Mengaktifkan Ulang Service

Penyebab flashdisk tidak terbaca device manager

Device manager untuk penyebab flashdisk tidak terbaca

Hal yang kamu harus lakukan pertama adalah jangan panik, karena flashdisk kalian masih ada kemungkinan untuk diselamatkan. Cara selanjutnya untuk mencoba untuk memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca kalian adalah mengaktifkan service, caranya:

  • Masukkan flashdisk kalian ke port komputer kalian
  • Buka device manager dan lakukan Scan Hardware Change
  • Jika masih belum ada perbedaan, buka bagian USB Serial Bus controllers
  • Uninstall driver yang kalian yakin itu driver usb kalian
  • Restart komputer

Setelah tahap ini, driver USB kalian seharusnya sudah tidak ada dan biarkan OS kalian melakukan Re-Install driver itu. Jika OS tidak melakukan install ulang, lakukan cara ini:

Penyebab flashdisk tidak terbaca service1

Service1 untuk penyebab flashdisk tidak terbaca

Penyebab flashdisk tidak terbaca service2

Service2 untuk penyebab flashdisk tidak terbaca

  1. Buka Start Menu lalu Control Panel
  2. Masuk ke bagian Administrative Tools
  3. Pilih Services, cari Shell Hardware Detection Service dan Plug and Play

Klik kanan pada keduanya dan jadikan startup type-nye manjadi Automatic, biasanya komputer kita memilih Automatic (Delayed Start).  Setelah selesai, tutup window service dan lakukan restart kembali pada komputer kalian.

3. Mencoba Port Lain

Jangan lupa juga bahwa saat ini ada 2 jenis flashdisk yaitu versi 3.0 dan 2.0. Kalian tidak bisa membaca flashdisk 3.0 pada port 2.0, hal ini ditandai dengan warna biru yang ada pada port baik flashdiksnya ataupun portnya. Jangan lupa juga untuk mengupdate usb driver kalian via device manager.

4. Mencoba Pada Komputer Lain

Bisa jadi port kalian memiliki masalah, hal yang kalian wajib coba selanjutnya adalah meminjam laptop atau komputer teman kalian, cobalah untuk memasang flashdisk kalian disana. Jika hal ini berhasil, artinya ada masalah pada port komputer kalian, jika tidak masalah tapi berhati-hatilah juga karena bisa jadi komputer lain terjangkit virus.

Menurut beberapa sumber yang saya baca : StellarInfo || Support Microsoft || Online Tech Tips. Sebenarnya hal terpenting yang kalian harus lakukan disaat hal ini terjadi pada kalian, antara lain:

  1. Cabut komputer dari power supply
  2. Mengecek port usb yang mati
  3. Mengecek update untuk driver
  4. Mengganti letter pada driver (E: / F: / G:)
  5. Memperbaiki partisi / sistem file
  6. Memperbaiki USB Root Hub
  7. Meminta bantuan pada ahli

Demikianlah akhir dari artikel penyebab flashdisk tidak terbaca dan apa yang harus kita lakukan, semoga solusi di atas dapat membantu teman-teman pembaca sekalian. Diharapkan artikel ini dapat menambah wawasan kita bersama, sekian dan terimakasih.