Penyebab Komputer Lemot

Penyebab Komputer Lemot – Banyak orang melontarkan pertanyaan bagaimana cara mengatasi komputer yang kinerjanya lemot maupun komputer yang terkadang sering hang/freeze. Tentunya kita harus mengerti terlebih dahulu penyebabnya, dengan mengetahui apa saja penyebab komputer kita menjadi lemot. langkah tersebut akan memudahkan kita untuk melakukan perbaikan / troubleshooting komputer[src].

penyebab komputer lemot

Ilustrasi penyebab komputer lemot

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan komputer tersebut menjadi hang/freeze apakah berasal dari hardware atau software komputer tersebut. Jadi pastikan sebelum melakukan hal perbaikan anda harus mencari tahu penyebab komputer lemot tersebut itu sendiri.


Penyebab Komputer Lemot

Terkadang kita merasakan perlambatan kinerja yang terjadi pada Windows 10, entah itu permanen maupun sementara karena hal tertentu dan pastinya semua itu memiliki penyebab tersendiri yang menimbulkan kinerja Windows 10 tidak berjalan sesuai yang kita inginkan.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10.

Sebelum melakukan beberapa perbaikan untuk mempercepat Windows 10, tidak ada salahnya jika kita melakukan booting ulang Windows terlebih dahulu (restart komputer) karena terkadang masalah akan terselesaikan setelah melakukan restart komputer. Tapi jika masalah masih belum terselesaikan, anda dapat mencoba cara mengatasi laptop lemot windows 10 berikut.

cara mengatasi laptop lemot windows 10

Ilustrasi cara mengatasi laptop lemot windows 10

Tutup Program Pemakan RAM

Temukan program dengan penggunaan CPU, Memori, dan Disk yang tertinggi pada task manager. Untuk menelusurinya anda dapat membuka Task Manager dengan shortcut pada keyboard Ctrl + Shift + Esc. Setelah itu anda dapat memilih untuk mematikan program yang menggunakan sumber daya yang berlebih dengan cara menekan tombol Del pada keyboard maupun klik kanan mouse > end task.

Tutup Aplikasi Background Process

Menutup Program Pada Sistem Tray / Area Notifikasi. Banyak aplikasi yang cenderung berjalan pada system tray atau pada area yang berbentuk panah di kolom taskbar. anda dapat klik ikon panah tersebut dan melakukan close program yang sekiranya sedang tidak diperlukan untuk menghemat sumber daya komputer/laptop yang secara tidak langsung akan mempercepat kinerja Windows.

Disable Startup Process

Mencegah program berjalan pada startup. Mencegah aplikasi berjalan pada saat startup komputer agar dapat menghemat sumber daya komputer sehingga dapat mempercepat kinerja Windows. Untuk mencegah program agar tidak otomatis muncul pada saat melakukan startup kita dapat memilah program yang sekiranya tidak dibutuhkan pada startup lewat Task Manager lalu klik pada tab Startup dan anda dapat menonaktifkan program agar tidak berjalan pada saat startup.

Mengurangi Tampilan Visual.

Windows dihidangkan dengan berbagain tampilan visual yang menyejukkan mata, akan tetapi efek visual tersebut dampat memperlambat kinerja komputer atau laptop anda. untuk menonaktifkan efek tersebut anda dapat menekan shortcut WindowsKey + X atau klik kanan pada tombol start lalu pilih System. Pada Tab Advanced klik Settings yang ada pada kolom performance dan kemudian alu pilih Adjust for best performance untuk memaksimalkan kinerja Windows.

Meringankan Web Browser.

Browser dapat menjadi salah satu alasan mengapa komputer atau laptop menjadi lambat. Terlalu banyak extensions ataupun add-ons yang diinstal dapat menyebabkan penggunaan memori yang sangat tingi. Jadi anda dapat menonaktifkan extension atau add-ons yang tidak diperlukan dan diharapkan dapat mempercepat kinerja Windows.

Scan Komputer Berkala

Scan komputer atau laptop untuk menghapus malware maupun adware. Malware ataupun Adware dapat menjadi penyebab utama terjadinya perlambatan pada kinerja Windows. Gunakan software untuk memastikan tidak adanya Malware dan Adware pada komputer dengan menggunakan software Malwarebytes semisalnya atau sejenisnya

Disk Yang Penuh.

Kekurangan Kapasitas penyimpanan yang penuh juga dapat menjadi penyebab utama perlambatan kinerja Windows. Untuk membersihkan hardisk kita dapat menggunakan fitur Disk Cleanup, Disk Cleanup itu sendiri merupakan bawaan dari windows yang berfungsi untuk membersihkan hardisk.

Mendefragment Hardisk.

Kenyataannya, anda tidak perlu mendefragment hardisk secara manual karena Windows sudah membuat jadwal serta telah menganalisa kapan Windows akan mendefragment hardisk. namun jika anda baru saja mengcopy beberapa file yang berukuran besar dan windows belum sempat mendefragmentnya maka kita dapat melakukannya secara manual dengan menggunakan Defragment Tool.

Uninstall Program

Uninstall program yang tidak  atau jarang kita gunakan. Anda dapat melakukan Uninstall pada program yang tidak diperlukan melewati Control Panel, dengan melakukan Uninstall program yang tidak diperlukan merupakan langkah paling cermat untuk mempercepat kinerja komputer

Reset Windows

Merupakan langkah terakhir jika tips tips mutakhir dalam mengatasi penyebab komputer lemot di atas belum dapat memecahkan masalah yang anda hadapi yaitu melakukan Reset Windows.


Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Dengan Regedit

Untuk membuka REGEDIT pada windows dapat melalui RUN yang ada pada start menu maupun menggunakan shortcut pada keyboard WindowsKey+R > Regedit> OK.

Regedit berfungsi sebagai tempat alamat dari seluruh software atau aplikasi yang telah terinstall untuk menjalankan fungsi hardware komputer. jika kinerja dari Hardware komputer maupun laptop terjadi hambatan bisa saja terjadi karena Regedit yang bermasalah.

Mempercepat Loading Windows Menu

Merupakan cara yang sudah tidak asing lagi bagi para teknisi komputer. dengan mengikuti pengaturan ini, delay yang terjadi pada saat mengklik menu pada Windows akan berkurang. berikut merupakan caranya

  • Buka Regedit
  • HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop
  • Pilih / Sorot “MenuShowDelay”
  • Klik kanan lalu pilih “Modify”
  • Ketik angka kurang lebih 50 – 150 (Normal = 400)

Mempercepat Booting Windows

Teknik ini juga dapat mempercepat booting pada windows dengan melalui Regedit.

  • Buka Regedit
  • HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > FileSystem
  • Klik kanan pada area yang kosong lalu pilih DWORD Value
  • Buat /ubah DWORD Value dengan nama NtfsDisableLastAccessUpdate
  • Klik kanan lalu pilih modify pada Value
  • Ubah data menjadi “1”

Setelah anda melakukan pengeditan pada Regedit (Registry Editor) jangan lupa untuk merestart komputer agar pengeditan dapat berfungsi. Catatan, Mengatasi penyebab komputer lemot dengan mengganti regedit bisa berakibat fatal dan hanya lakukan ini jika kalian betul-betul paham dengan yang kalian lakukan ya, semua diluar tanggung jawab admin.


Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7

Hampir seluruh pengguna laptop bertanya tentang cara mengatasi laptop yang lemot karena merasa terganggu jika laptop yang digunakan tidak mempunyai kinerja yang baik. selain menghambat aktivitas, laptop yang kinerjanya lambat dapat sangat menjengkelkan. Cara mengatasi laptop yg lemot di bawah ini juga tidak berbeda jauh dengan solusi di atas, penyebabnya:

cara mengatasi laptop lemot windows 7

Ilustrasi cara mengatasi laptop lemot windows 7

Menambah RAM

Jika laptop anda sering terjadi crash bersamaan dengan kinerja yang lemot. kapasitas RAM laptop anda yang kecil dapat menjadi penyebabnya. untuk itu anda dapat membeli RAM khusus laptop yang dijual di toko toko komputer yang berkisar 400 ribu untuk RAM yang berkapasitas 4GB (tergantung merk laptop anda).

Kurangi Program Berjalan

Banyaknya program yang berjalan dapat menjadi penyebab laptop menjadi lemot ditambah kapasitas ram yang kecil. untuk itu dianjurkan untuk anda yang memiliki laptop yang mempunyai spec minim untuk tidak membuka beberapa program besamaan agar terhindar dari hang maupun crash.

Gunakan AntiVirus

Gunakan antivirus yang handal untuk melindungi laptop anda dari virus/malware. pada intinya semua antivirus itu sama yaitu melindungi laptop dari virus/malware tapi tidak semua antivirus dapat menahan serangan virus yang menjengkelkan. Jika laptop anda sudah terinfeksi virus / malware dengan parah disarankan untuk segera melakukan instal ulang windows.

Menggunakan Spek Standar / Lebih

Jangan sekali kali memaksakan program yang tidak terpenuhi syarat minim spesifikasinya. karena selain membuat laptop anda lemot juga dapat merusak kinerja komputer yang terlalu memaksa. Jadi dianjurkan agar anda dapat menguninstall program program yang tidak diperlukan lewat Control Panel.

Cara mengatasi laptop lemot windows 7 ultimate dan berbagai seri windows 7 tidaklah berbeda dengan cara di atas


Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 8

cara mengatasi laptop lemot windows 8

Ilustrasi cara mengatasi laptop lemot windows 8

Tidak perlu panik saat laptop yang berbasis Windows 8 anda terasa lemot, anda tidak perlu servis ke toko komputer sebelum mencoba langkah ini :

Penuhi Standar Spesifikasi

Pastikan Spesifikasi Laptop Sesuai Untuk Diinstal Windows 8. Jika laptop anda memiliki spesifikasi yang minim seperti RAM 2Gb jangan harap untuk menginstal Windows 8 karena Windows 8 dan Windows 8.1 direkomendasikan untuk laptop yang memiliki RAM 4Gb keatas. Karena system operasi Windows 8 itu sendiri akan memakan kurang lebih 2Gb RAM anda.

Hapus Beberapa Aplikasi

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting. Kita harus selektif untuk memilih aplikasi yang benar benar kita butuhkan. Untuk itu anda perlu menyesuaikan kebutuhan Windows 8 itu sendiri dengan membuang aplikasi yang tidak perlu.

Kurangi Background Process

Multitasking. Salah satu kecermatan sistem operasi Windows. Pastinya dapat membuka beberapa aplikasi bersamaan, namun jika terjadi perlambatan kinerja disaat anda membuka beberapa program bersamaan maka dianjurkan untuk tidak melakukan multitasking agar dapat memperingan kinerja Windows.

Demikian artikel tentang penyebab komputer lemot dari mekanikkomputer.com dan semoga dapat menambah wawasan kita sebagai pengguna komputer yang lebih baik, sekian dan terimakasih.